Pages

Monday, May 28, 2012

I'M BACK . . .

Assalamualaikum

Aaahh setelah hampir satu bulan blog ini dianggurin akhirnya saya menyentuhnya lagi..
Apa kabar pembaca setia blog saya? Semoga senantiasa sehat ya..

Sudah lama ga nge-blog jadi bingung mau posting apa.. Kalau posting flash fiction, hmm tunggu dulu ya.. Udah banyak sih yang ada di draft tapi belum selesai hehe..

Hmmm kalau gitu sekarang saya cerita kemana saja saya sebulan ini kok ga pernah nge-blog lagi saja yaa..

Sebenarnya ga kemana-mana sih.. hanya saja kemarin-kemarin itu saya sedang mempersiapkan ujian kompetensi.. Ujian ini semacam SPMB gitu lah, tapi untuk para (calon) dokter untuk mendapatkan STR (Surat Tanda Registrasi) atau surat izin praktek. Ujian ini namanya UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia).

UKDI ini bisa dibilang momok yang mengerikan. Oke, agak berlebihan sebenarnya. Tapi memang itulah yang saya rasakan. Bayangkan aja, nasib masa depan kita ditentukan dalam waktu 1 hari 200 soal. Kalo ga lulus, ya bayar lagi, ikut UKDI tahap berikutnya lagi, ikut bimbingan belajar lagi. Pffftt...

Saya ini termasuk terlambat ikut UKDI-nya. Sebetulnya saya bisa mengikuti UKDI periode bulan Februari 2012 kemarin, tapi gara-gara skripsh*t tertundalah semuanya. Yah saya udah cape deh ngomel-ngomel masalah skripsh*t ini, udah muak, yang penting semua itu akhirnya berakhir indah (baca : sidang) pada bulan Maret kemarin. Padahal saya mengerjakannya sejak akhir desember tahun lalu loh!. Hhhh... So, buat teman-teman sejawat yang di kampusnya masih ada skripsh*t, berdemolah agar skripsh*t itu dihapuskan!! #eehh ;p

Back to UKDI, selesai urusan sidang skripsh*t dan lain-lainnya itu saya pun harus mengikuti bimbingan belajar yang diadakan di kampus. Saya tidak ikut bimbingan belajar di luar karena mahaaall. Bimbingan ini dilaksanakan sebulan penuh, selama itu pula kerjaan saya hanya buka-buka buku, belajar bareng dengan teman-teman makanya blog ini pun terabaikan. Ga tiap hari juga sih belajarnya, tetep juga kita nonton dan jalan-jalan.. Tapi di akhir-akhir minggu mendekati UKDI acara jalan-jalan kita pun berubah.. Setelah nonton kita nongkrong di J.CO atau foodcourt untuk . . . bahas soal!. Haha gaya banget ya.. 

Seminggu sebelum UKDI mulai banyak rumor yang berkembang. Ada yang bilang soal yang keluar dari sini lah, dari situ lah. Jujur, saya panik. Saking paniknya, selama di rumah (bimbingan kampus sudah selesai jadi kita belajar sendiri di rumah) saya ga baca apa-apa. Kerjaan saya hanya buka laptop untuk main games. Setelah itu saya jadi uring-uringan sendiri kenapa seharian itu ga belajar. Sempat saya ke kampus hanya untuk ambil soal-soal yang baru keluar. Teman-teman mulai menghilang. Mereka belajar sendiri-sendiri di kostan masing-masing. Untungnya masih ada satu-dua orang yang mau saya ajak belajar bareng di hari-hari terakhir itu. 

Dalam kepanikan saya hanya berdoa semoga diberi kelancaran untuk mengerjakan soal-soal nanti. Saya ga minta nilai tinggi, hanya minta nilai saya nanti melewati batas kelulusan yang ditetapkan.

Sehari sebelum UKDI, kami diwajibkan berkumpul di auditorium kampus untuk dibagikan kartu ujian. Alhamdulillah saya mendapat giliran ujian pagi hari pukul 08.00-11.20 WIB. Jadi saya harus tiba di kampus pukul 07.00 esoknya. Berarti saya harus berangkat pukul 05.30 dari rumah. Huaa.. ga boleh kesiangan..

Sampai di rumah saya hanya baca-baca soal sekilas (menghapal jawaban lebih tepatnya hehe) lalu tidur. Saya puas tidur 5 jam loh, padahal teman saya ada yang begadang karena dia mau tidur pun ga tenang.

Akhirnya tibalah hari yang sudah saya nanti-nantikan selama dua bulan ini, hari pelaksanaan UKDI 12 Mei 2012. Saya diantar oleh Ayah dan Bunda sampai kampus. Kalau dipikir-pikir, ya Allah sudah umur segini mau ujian pun saya masih mengandalkan mereka. Dalam hati saya berjanji ga akan mengecewakan mereka lagi untuk kali ini. I'll do my best for them!!. Saya harus lulus!!.

Ujian pun berakhir setelah hampir 3,5jam lamanya. Mata perih karena harus menatap layar komputer selama itu, badan pegel-pegel. Sekarang tinggal berdoa, usahanya kan udah. Saya sempat pesimis karena saat mencocokkan jawaban dengan teman-teman seusai ujian, jawaban saya ada beberapa yang tidak tepat. Bahkan ada satu soal yang saya ga teliti (kalo diinget-inget pengen ngulang lagi jadinya), padahal itu soal sangat mudah.

Hasil UKDI ini menurut jadwal akan diumumkan tanggal 12 Juni 2012. Jadi selama menunggu itu yaa hidup jadi ga tenang. Mau liburan juga kepikiran lulus ga yaa.. Akhirnya saya dengan beberapa teman menyibukkan diri dengan mengikuti pelatihan HIPERKES di kampus (cerita HIPERKES ini rencananya akan saya posting juga nanti).

Saat mengikuti HIPERKES itu, saya bertemu dengan teman-teman lain beda kampus. Kami pun bertukar gosip. Ternyata ada yang bilang kalau anak UNHAS sudah diumumkan hasil UKDI nya. Saya dan teman-teman satu kampus pun bertanya kepada koordinator yang mengurus tentang UKDI tersebut. Beliau pun meminta kami menulis daftar nama siapa saya yang mau diberitahukan hasil UKDI nya lebih awal.

Sebenarnya saya malas ikut-ikutan, saya terlalu takut mendengar kabar tersebut. Tapi mau ga mau hasil UKDI ya pasti diumumkan. Saking paniknya, selama dua hari dua malam berturut-turut saya mimpi tentang UKDI. Malam pertama saya mimpi saya tidak lulus karena ketahuan pengawas ujian membuka blackberry saat ujian. Malam kedua mimpi saya lebih absurd lagi. Mimpiin teman balikan sama mantannya lah, sampai akhirnya saya mimpi bersama mantan saya lalu mendengar pengumuman UKDI. Bangun tidur pun saya langsung galau hahaha.. Memang begitu sih, saya tuh kalau lagi ada sesuatu yang dipikirkan atau kalau lagi ada masalah pasti jadinya mimpiin si mantan. Biasanya mimpinya itu saya sharing tentang masalah saya sama dia dan akibatnya bangun tidur pun saya jadi galau maksimal. Laah ini kenapa jadi curhat?! hahaha..

Back to UKDI,
Tepatnya hari minggu kemarin (27/5), entah kenapa pagi itu saya iseng buka twitter. Di timeline saya melihat update twitter seorang teman saya (beda kampus) yang mengatakan dia lulus UKDI, pengumumannya udah ada di website. Astagfirullah.. Paniklah saya.. Badan rasanya melayang, tangan panas dingin, jantung berdebar tak karuan. Langsung saya bbm semua teman-teman yang ikut UKDI kemarin. Karena masih pagi tentu bbm saya lama dibacanya. Akhirnya saya membuka website UKDI tersebut, sialnya mungkin karena yang buka website itu se-Indonesia jadi lamaaa sekali loadingnya. Sampai pukul 9 baru agak lancar dan bisa dibuka web-nya. Bbm mulai ramai dibalas teman-teman saya yang minta tolong untuk dilihatkan hasilnya. Ternyata yang dipajang adalah nomor ujian yang ada di kartu ujian. Saya panik lagi karena lupa tempat saya taruh kartu ujian tersebut (karena selesai UKDI saya udah ga peduli, jadi asal saja meletakkan barang-barang saya hehe). Setelah ketemu, saya pun mencocokkan. Hati saya berdebar-debar saat mengurutkan nomor-nomor tersebut. Daan ternyata.. NOMOR UJIAN SAYA ADA!! itu artinya SAYA LULUS UKDI!!!


Saya ulangi lagi melihat nomor tersebut sampai tiga kali, setelah saya yakin benar baru saya memanggil-manggil Ayah dan Bunda. Mereka terkejut kok udah diumumkan. Karena di jadwalnya kan tanggal 12 Juni baru diumumkan. Tapi tak urung mereka menangis terharu sambil memeluk saya. 

"Alhamdulillah anak Bunda udah resmi jadi dokter sekarang"
Rasanya bahagiaaa sekali melihat senyum dan tangis haru Ayah Bunda pagi itu. Akhirnya saya bisa memenuhi harapan mereka dengan menyelesaikan pendidikan saya. Syukur yang tak terkira saya panjatkan kepada Allah Maha Besar. Nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan.. Perjuangan selama enam tahun lamanya berakhir manis.

Saya jadi ingat, beberapa minggu sebelumnya sempat minta di'baca' oleh seorang illusionist di twitter. Kata dia, saya akan mendapat kejutan manis di bulan ini. Eehh ternyata benar ya prediksinya.

Terima kasih saya yang tak terhingga untuk Ayah dan Bunda, adik-adik saya, teman-teman sejawat seperjuangan, juga teman-teman lain yang senantiasa mendoakan dan support saya..

Hmm... Rasanya tak sabar menunggu Bai'at dokter dan mendapatkan STR... ;)
Nanti akan saya ceritakan di sini juga.. Ditunggu saja ya :)

saya dan teman-teman seperjuangan

No comments:

Post a Comment

Leave your comment please.. thank you ;)